25 November 2016

Cara Menyelamatkan Diri Dari Mobil Yang Tenggelam

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

MASYAR GALERY - Salam sejahtera untuk kita semua. Sobat Masyar pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel tentang Cara menyelamatkan diri jika sobat mengalami musibah kecelakaan atau musibah yang membuat mobil sobat jatuh atau masuk ke dalam air.

Untuk dapat bertahan hidup di situasi darurat, pastikan sobat tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Sobat tidak punya banyak waktu untuk bertindak ketika berada di situasi darurat. 

Untuk membantu meningkatkan kesadaran akan keselamatan, sebuah tim penyelamat professional memaparkan beberapa petunjuk visual yang mudah dipahami dan rinci tentang bagaimana kita harus bertindak ketika terjebak di dalam mobil yang tenggelam dengan cepat.

Mau tau cara apa saja yang harus dilakukan? Simak cara-cara berikut ini !

Pertama Ketika mobil sobat sudah menyentuh air, bukalah sabuk pengaman dan turunkan jendela segera.

Kedua Keluarlah dari mobil melalui jendela terdekat sebelum mobilmu tenggelam

Penyelamat memperingatkan bahwa sobat hanya punya waktu sekitar satu menit untuk menyelesaikan dua langkah di atas sebelum mobil tenggelam di dalam air. 

Mencoba untuk membuka pintu hanya akan membuang waktumu, upaya tersebut hanya akan berakhir sia- sia karena adanya tekanan air dari luar.

Ingatlah urutan berikut ini! “Buka sabuk pengaman, turunkan jendela, keluar dari mobil dengan memanjat” merupakan satu-satunya kesempatan dalam menyelamatkan diri.

Jendela manual merupakan cara terbaik untuk melarikan diri. Jika mobilmu bukanlah manual, maka jangan khawatir! Karena mobil auto pun juga memiliki jendela auto yang bisa digunakan untuk menyelamatkan diri.

Berdasarkan hasil tes yang dikemukakan oleh para professional, perlu digarisbawahi bahwa sistem listrik mobil hanya akan berfungsi selama 10 menit setelah mobil tenggelam.

Jika jendela mobilmu tidak bisa diturunkan, pecahkan kacanya!
Jangan coba-coba untuk memecahkan kaca depan mobilmu, karena kaca tersebut terbuat dari bahan yang sangat kuat (3 lapis), yang mana merupakan pengaman sebagai penahan ketika terjadi kecelakaan. Banyak toko online yang menawarkan alat untuk memecahkan kaca jendela dengan harga yang terjangkau. Pilihan lain yaitu dengan menggunakan beberapa benda berat yang ujungnya runcing (Penting untuk menyimpan alat yang mudah dibawa di dalam mobilmu). Alat tersebut bisa berupa palu, kunci inggris, obeng yang berat.
 Jika jendela mobilmu tidak bisa diturunkan, pecahkan kacanya! (gambar dari Ucweb)

Jika tidak ada alat tersebut, sobat bisa mencopot sandaran kepala di mobil (gunakan besi dari sandaran kepala tersebut), tumit sepatu tinggimu, atau sikumu. Kamu harus memukul sudut-sudut jendela yang lebih mudah dipecahkan. 

Jika ada anak-anak di dalam mobil, keluarkan mereka terlebih dahulu.
Jika kamu bepergian bersama anak-anak, penyelamat merekomendasikan langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut : 

buka sabuk pengamanmu, turunkan jendela samping, buka sabuk pengaman anak sulungmu terlebih dahulu, keluarkan dia dari mobil; 

kemudian ulangi prosedur tersebut dengan anakmu yang lebih muda. 

Dan langkah terakhir ialah tinggalkan mobilmu. 

Dengan cara ini, semua orang mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup.

Jika kamu tidak dapat keluar melalui jendela, tunggu sampai mobilmu terisi air, dan bukalah pintu mobilmu
Jika kamu tidak dapat memecahkan jendela, tenang! Jangan panik! Ada jalan keluar lain, yaitu melalui pintu. Cara ini merupakan cara yang paling kontroversial untuk melarikan diri, karena kamu harus menungu sampai mobilmu terisi air agar tekanan di dalam dan di luar mobil sama. Ketika kamu menyelamatkan diri menggunakan metode ini, bernafaslah dengan sisa-sisa udara, buka pintu, dan berenang keluar.

Tips dari professional : pegang terus gagang pintu ketika mobil terisi dengan air. Perlu diingat bahwa pintu tidak akan terbuka dengan mudah! Kamu harus mendorongnya menggunakan kakimu.

Jika kamu kehilangan arah menuju permukaan, ikutilah gelembung udara
Sangat mudah untuk kehilangan arah ketika berada di dalam air, terlebih jika airnya keruh. Berenanglah searah dengan gelembung udara untuk menemukan jalan ke permukaan.

Perlu diingat!!! Ketika mobilmu sudah menyentuh air, buka sabuk pengamanmu, turunkan jendela, dan keluar dari mobilmu secepat mungkin.

Nah sobat, pastinya semua orang tidak ingin tertimpa musibah yang demikian. Namun ada baiknya jika kamu selalu waspada dan ingatlah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika kamu berada di situasi ini. 

Hal yang paling penting ialah jangan panik! Semoga tips-tips yang telah dipaparkan bisa bermanfaat bagi Sobat sekalian.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Copyright @2016
MASYAR GALERY

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang membangun dan bermanfaat. Jika komentar sobat mengandung spam dan bertentangan dengan akidah dan ahklak serta sopan santun maka akan kami delete. Terima kasih.

Postingan Populer