29 November 2016

Cara Mengatasi Infinix Zero 3 Tidak Terbaca di Laptop/PC/Netbook

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


MASYAR GALERY - Salam sejahtera untuk kita semua. Sobat pemilik smarphone Infinix Zero 3 atau biasa disingkat IZ3, terutama yang sudah upgrade ke Android 6.0 atau Marsmallow (XOS Chamelon) pastinya pernah mengalami tidak terdeteksinya IZ3 di komputer baik laptop, PC ataupun Netbook.

Ini terjadi biasanya setelah kita selesai transfer data atau media dari IZ3 kemudian kita memilih opsi "Hanya untuk pengisian daya" untuk memutus koneksi secara aman dari komputer. Maka secara otomatis IZ3 akan close dengan sendirinya, meskipun posisi battery tetap melakukan charging. Nah pada saat sobat akan kembali menggunakan IZ3 di komputer maka komputer tidak dapat mendeteksi IZ3 sobat.

Jika smartphone sobat masih dalam kondisi menggunakan OS XUI (lolipop 5.0) maka hal ini tidak akan terjadi. Kami tidak mengetahui secara jelas apakah ini merupakan sebuah bug atau memang seperti itu setelan nya.

Oke kembali ke pembahasan kita. Untuk mengatasi tidak terdeteksinya IZ3 di komputer,  hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

Pertama
Install Driver Mediatek Auto Installer Versi 1.135.00 dan Driver Lenovo USB deiver versi 1.1.16.
Jika sobat  belum punya silahkan download disini untuk Mediatek Auto Intaller dan disini untuk Lenovo USB driver versi 1.1.16. Sudah saya test di windows 7 ultimate 32bit dan triks ini work alias berhasil.


Kedua
Colokkan USB IZ3 dalam kondisi ON ke komputer, geser notifikasi bar ke bawah (notifikasi bar = bar yg ada icon signal, battery, jam dan lain sebagainya). Cek apakah opsi untuk pilihan media yang akan kita gunakan tersedia disana seperti :
• Hanya untuk pengisian daya
• Transfer File (MTP)
• Tranfer Photo (PTP)
• CD-Room Ekternal.


Ketiga
Jika keempat opsi diatas tidak tampil atau tersedia. Sekarang buka Setelan - Scroll kebawah pilih Opsi Pengembang - Bagian Nonaktif geser menjadi aktif - OKE - Scroll kebawah pilih Debugging USB - Aktifkan - OKE.


Keempat
Scroll Notifikasi Bar ke bawah, maka otomatis akan tampil 2 opsi yakni :
• Debugging USB terhubung, dan
• USB untuk pengisian daya
Pilih USB untuk pengisian daya selanjutnya rubah opsi ke Transfer file (MTP).


Sekarang coba cek dilayar komputer jika berhasil, maka akan tampil drive baru yang bernama Infinix Zero 3. Dan selamat sobat sudah bisa menggunakan kembali IZ3 untuk dikelola di komputer. Untuk Opsi Pengembang bisa sobat non aktifkan, namun jika sobat ingin tetap aktif tidak jadi masalah.

Seperti biasa jika sobat akan mengakhiri atau mencabut kabel USB dari komputer jangan lupa untuk memilih opsi hanya untuk pengisian daya dan opsi pengembang di non aktifkan. Hal ini dilakukan untuk memperpanjang usia memory internal IZ3 sobat.

Untuk cara yang paling mudah tanpa ribet mengikuti cara diatas adalah sobat bisa restarting hp IZ3 sobat. Namun jika sobat tidak ingin merestart IZ3 nya bisa ikuti petunjuk kami diatas.

Oke sampai disini tips sederhana yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, pantau terus blog kami untuk tips-tips kami yang lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Copyright @2016
MASYAR GALERY


1 comment:

  1. menu setelan - pengembang, gak ad di hp gw ???

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang membangun dan bermanfaat. Jika komentar sobat mengandung spam dan bertentangan dengan akidah dan ahklak serta sopan santun maka akan kami delete. Terima kasih.

Postingan Populer