11 November 2018

Cara Lock Mode Jaringan 4G/LTE

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

MASYAR GALERY - Salam sejahtera untuk kita semua, sudah lama saya tidak posting di blog ini. Dikarenakan kesibukkan di dunia nyata, mumpung ada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips kepada sobat Masyar tentang cara lock atau kunci jaringan 4G LTE, agar tidak otomatis pindah ke jaringan 3G atau 2G.

Pada type smartphone tertentu sudah tersedia pemilihan mode jaringan atau lock jaringan only 4G atau LTE, namun ada juga smartphone tertentu hanya tersedia LTE prioritas misalkan saja smartphone keluaran Xiaomi, Vivo, Oppo dan sebagainya. Seperti contoh gambar dibawah ini, jika gambar tidak tampil "SILAHKAN MATIKAN ADBLOCK BROWSER" Sobat. 

 

Jaringan LTE prioritas tidak lock mode jaringan LTE secara penuh melainkan bisa otomatis pindah ke 3G atau 2G tergantung kondisi jaringan didaerah tersebut.

Kelebihan dan kekurangan lock mode jaringan 4G LTE

Untuk kelebihannya yakni jaringan akan stabil dan tidak otomatis pindah ke mode jaringan lain seperti 3G atau 2G, namun segala sesuatunya punya kelebihan dan kekurangannya. Untuk kekurangan lock mode jaringan 4G LTE adalah tidak bisa melakukan atau menerima panggilan telepon, boros battery dan boros kuota internet.

Untuk type smartphone seperti xiaomi, oppo dan vivo untuk menlock mode jaringan 4G LTE only sobat harus masuk ke settingan dengan menggunakan kode akses tersembunyi.

untuk Xiaomi dan Samsung menggunakan kode akses *#*#4636#*#* sedangkan untuk Vivo dan Oppo menggunakan kode akses *#*#4838#*#*.

loading...
Kita ambil sampel untuk brand Xiaomi, ketik kode *#*#4636#*#* akses kode ini langsung dari tombol untuk biasa kita memasukan nomor panggilan ya, selanjutnya akan muncul menu pengujian seperti gambar dibawah ini.

 

Selanjutnya pilih sim mana yang sobat pake untuk lock jaringan LTE tersebut, disini saya menggunakan 2 kartu simcard yang keduanya aktif. Jika sobat hanya menggunakan satu simcard maka yang tampil hanya 1 simcard yang aktif.

Selanjutnya akan muncul pilihan seperti gambar berikut.

 

Berikutnya pilih setel jaringan yang disukai, akan banyak pilihan mode jaringan seperti gambar dibawah ini,

 

berhubung kita akan lock jaringan LTE maka sobat pilih LTE only. Maka secara otomatis mode jaringan sudah terkunci ke 4G LTE. Sampai disini selesai.

Perlu diingat bahwa mode jaringan akan kembali ke LTE prioritas atau automatis saat smartphone sobat direstart, maksudnya tidak lock LTE secara permanen. Sobat harus mengulang dari awal lagi jika ingin lock kembali.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Copyright @2018
MASYAR GALERY

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang membangun dan bermanfaat. Jika komentar sobat mengandung spam dan bertentangan dengan akidah dan ahklak serta sopan santun maka akan kami delete. Terima kasih.

Postingan Populer