12 December 2016

Dampak Buruk Minum Air Sambil Berdiri

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


MASYAR GALERY - Salam sejahtera untuk kita semua. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi besar Muhammad SAW, yang bertepatan pada hari ini tanggal 12 bulan 12 tahun 2016 dan 12 Rabiul Awal 1438 H.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas Sunnah Rasullah tentang minum sambil berdiri.

Dalam hadis, “Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata, “Bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).


Hadis lainnya menyebutkan yang artinya, “Jangan kalian minum sambil berdiri, Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan.” (HR. Muslim).
Secara ilmiah, ternyata minum sambil berdiri dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti yang dikatakan dalam hadis. Berikut alasan minum sambil berdiri buruk bagi kesehatan :


1. Buruk untuk ginjal
Anda harus minum air selalu dalam posisi duduk, seperti Sunnah Rasullah. Karena, minum air duduk adalah posisi terbaik untuk ginjal Anda berfungsi dengan benar. Sama hal nya dengan kencing sambil berdiri akan menyebabkan batu ginjal.


2. Ketegangan saraf
Tidak mudah untuk mengetahui apa penyebab ketegangan saraf. Tetapi, jika Anda selalu minum air terburu-buru sambil berdiri, mungkin ini salah satu alasan utamanya.


3. Gangguan pencernaan
Jika Anda minum air sambil berdiri, maka bisa mengalami beberapa gangguan pencernaan nantinya. Ketika air masuk, maka langsung memercikan dinding perut Anda, yang bisa mengacaukan proses pencernaan. Karena itu, Rasullah melarang untuk minum sambil berdiri.


4. Menyebabkan hiponatremia
Ketika Anda minum air sambil berdiri, maka tidak akan merasakan kepuasan dari minum. Artinya, Anda akan minum lebih dari yang benar-benar dibutuhkan pada satu waktu. Ingat, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan gejala hiponatremia, yaitu menurunnya kadar natrium dalam darah.


5. Memuaskan dahaga
Minum air sambil duduk akan memuaskan dahaga Anda, karena mencegah air masuk langsung melalui tenggorokan. Hal ini juga berfungsi agar sistem pencernaan akan memprosesnya lebih mudah.


6. Mengacaukan keseimbangan cairan
Minum air sambil berdiri juga bisa mengacaukan keseimbangan cairan tubuh. Hal ini pada akhirnya dapat memengaruhi daerah sendi, bahkan menyebabkan arthritis dalam jangka panjang.


Demikian semoga bermanfaat dan berguna untuk kita semua.

Sumber : okezone.com

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Copyright @2016
MASYAR GALERY

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang membangun dan bermanfaat. Jika komentar sobat mengandung spam dan bertentangan dengan akidah dan ahklak serta sopan santun maka akan kami delete. Terima kasih.

Postingan Populer