02 July 2024

CARA MENGATASI KODE 37 PADA YAMAHA AEROX 155

Sensor Idle Speed Control (ISC)

MASYAR GALERY - Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, salam sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara mengatasi kode error 37 pada sepeda motor Yamaha Aerox 155 VVA.

Kode error 37 adalah terjadinya keabnormalan atau ketidaksesuaian pada sensor Idle Speed Control (ISC) yang dibaca oleh Starter Generator Control Unit (SGCU), yang ditandai dengan putaran mesin tinggi atau rendah, karena standar posisi langsam itu di 1500 rpm. 

Kode 37 biasanya akan muncul sesudah throttle body dibersihkan. Hal tersebut karena ketika mengalami proses pembersihan, baling-baling ISC yang ada didalam ISC menjadi jauh dari lubangnya dibandingkan dengan sebelumnya. Langsam juga kadang naik kadang turun selanjutnya muncul kode 37 dan check engine nyala, tapi motor bisa di starter dan dijalankan secara normal.

Untuk mengatasi masalah error 37 tersebut yang harus dilakukan adalah reset ulang di Bengkel Resmi Yamaha. 

Oke disini saya akan memberikan cara manual untuk mengatasi masalah tersebut, tanpa harus datang kebengkel resmi Yamaha dan tanpa diganjel. Dengan catatan sensor ISC masih berfungsi normal.

Berikut langkah-langkah nya :

  1. Buka kembali sensor ISC nya dari Throthol body, gunakan obeng ketok mata plus dan kunci T8 yang panjang, atau gunakan kunci TEKIRO INSERT RATCHET SCREWDRIVER 9 PCS BITS untuk cek tool dan pembelian nya disini atau disini. Jangan pernah digetok atau dibetel, karena rawan pecah.
  2. Jika sensor ISC sudah dilepas, putar baling-baling kecil kearah dalam sampai mentok diikuti dengan pasang juga pernya. Selanjutnya pasangkan kembali sensor ISC ke Throthol body, Hati-hati jangan sampai per nya tidak terpasang sempurna karena akan membuat macet putaran baling-balingya nanti.
  3. Jika sudah terpasang sempurna dan aki motor sudah dipasangkan juga, langkah selanjutnya adalah (ini yang penting, jika gagal harus bongkar ulang sensor ISC lagi). Hidupkan kontak sampai layar speedo delay ke rpm (2 detik), langsung matikan kunci kontak ke posisi off dengan cepat. Ulangi langkah ini sampai 10 kali. Pada Hitungan ke 11 biar kan kontak menyala normal.
  4. Hidupkan mesin, jika berhasil maka akan kembali normal langsamnya.

CARA DIATAS SUDAH SAYA PRAKTEKAN DI MOTOR YAMAHA AEROX 155 VVA TAHUN PRODUKSI 2018. Dan saya rasa bisa juga dipraktekan di Lexi dan Nmax, mengingat basic mesinnya sama.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua dan yang mengalami kasus error 37 semoga berhasil teratasi.

Baca juga PENYEBAB DAN CARA MENGATASI MOTOR AEROX 155 VVA SERING MATI MENDADAK SAAT BERJALAN

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang membangun dan bermanfaat. Jika komentar sobat mengandung spam dan bertentangan dengan akidah dan ahklak serta sopan santun maka akan kami delete. Terima kasih.

Postingan Populer